Sebagaimana halnya tes untuk kemampuan berbahasa dan
komponen bahasa yang lain, tes untuk mengetahui tingkat kemampuan memahami isi
bacaan dapat diselenggarakan dengan menggunakan berbagai format tes yang
tersedia. Tes membaca dapat disajikan dalam bentuk tes subyektif dengan
pertanyaan yang dapat dijawab melalui jawaban panjang dan lengkap, atau sekedar
jawaban-jawaban pendek. Selain itu tes membaca dapat pula disajikan dalam salah
satu bentuk tes subyektif, seperti tes melengkapi, menjodohkan, bentuk pilihan
ganda, atau bentuk-bentuk gabungan.
Beberapa contoh dari berbagai bentuk tes
kemampuan membaca adalah sebagai berikut :- Melengkapi wacana
كمل الجملة الاتية بكلمة مناسبة !
احمد طالب فى المدرسة .............فى مدينة سورابايا
ا- الابتدائ ب- الثانوية ج- العالى
- Membaca dengan lancar, cermat dan tepat
اقرأ النص الاتى قراءةفصيحة !
حسن يتحدث العربية جيدا, ويحفظ القرأن الكريم ويفهم احادث الرسول ويقرأ الكتب العربية, وهو يكتب الرسائل إلى اصدقائه باللغة العربية أيضا, وهو يقول لهم : العربية الان لغة مهمة فى العالم, وهي لغة القرأن الكريم والاسلام.
- Menentukan arti kosa kata dalam konteks kalimat tertentu
اختر الاجابة الصحيحة !
وهو يكتب الرسائل إلى اصدقائه باللغة العربية. الرسائل بمعنى :
اـ telegram ب- kartu pos ج- surat-surat
حسن يتحدث العربية جيدا, يتحدث مرادفه :
ا- يتعلم ب- يتكلم ج- لايتحدث
- Menentukan fakta tersurat dalam teks
اجب عن الاسئلة الاتية طبقا للنص السابق!
أ- ما يحفظه حسن ؟
ب ۔ ما أهم اللغات فى العلم ؟
- Menemukan makna tersirat dalam teks
اجب عن الاسئلة الاتية طبقا للنص السبق !
أ – أيهما اهم اللغة العربية أم اللغة الانجلزية ؟
- Menemukan ide pokok dalam paragraph
الفكرة الرئيسة فى الفقرة
الاولى هي . . . .
- Menemukan ide penunjang dalam paragraph
الفكرة المساعدة في الفقرة
الأولى هي . . . .
- Menghubungkan ide-ide yang terdapat dalam bacaan
ما العلاقة بين الفكرة
الرئيسة الأولى والثانية ؟
- Mensarikan, meringkas atau menyimpulkan bacaan
المضمون الرئسي فى النص
السابق . . . .
- Mengomentari dan mengkritisi bacaan
ما رأيك فى هذه الجوائز (النص
السابق)
tolong kunci jawabannya juga disedikan blh yaa
BalasHapus