Perpustakaan merupakan pusat sarana
akademisi. Perpustakaan menyediakan bahan-bahan pustaka berupa barang cetakan
seperti buku, majalah/jurnal ilmiah,peta, surat kabar, karya-karya tulis berupa
monograf yang belum diterbitkan, serta bahan-bahan non cetakan seperti
micro-fish, micro film, dll. Oleh karena itu, perpustakaan dapat dmanfaatkaan
oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya untuk memperoleh informasi
dalam berbagai bidang keilmuan baik untuk tujuan akademisi.
Sumber belajar pada hakikatnya
merupakan komponen sistem intruksional yang meliputi pesan, orang, bahan, alat,
teknik, dan lingkungan, yang mana hal itu dapat mempengaruhi hasil belaar
siswa. Dengan demikian sumber belajar dapat dipahami sebagai segala macam
sumber yang ada di luar diri seseorang (peserta didik) dan memungkinkan
(memudahkan) terjadinya proses belajar. Untuk menjamin bahwa sumber belajar
tersebut adalah sebagai sumber belajar yang cocok, sumber tersebut harus
memenuhi ketiga persyaratan sebagai berikut:
- Harus dapat tersedia dengan cepat
- Harus memungkinkan siswa untuk memicu diri sendiri
- Harus bersifat individual, misalnya harus dapat memenuhi berbagai kebutuhan para siswa dalam belajar mandiri.
Sumber belajar dapat berasal
dari berbagai bentuk misalnya orang juga dapat menjadi sumber belajar, yakni
ketika staf pengajar menyediakan diri sebagai manusia sumber yang dapat
tersedia setiap saat sehingga dapat memecahkan berbagai kesulitan siswa secara
individual. Begitu juga tempat tertentu dapat dijadikan sumber belajar,
contohnya adalah perpustakaan yang bisa digunakan. Setiap saat saperti yang
diuraikan sebelumnya.
Begitu juga dalam pembelajaran
bahasa arab perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar karena
menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung dalam proses pembelajaran bahasa
Arab.
Pemanfaatan
perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan keterampilan
sebagai berikut:
a. Keterampilan mengumpulkan informasi, yang
meliputi keterampilan:
-
mengenal
sumber informasi dan pengetahuan
-
menentukan
lokasi sumber informasi berdasarkan sistem klasifikasi perpustakaan,cara menggunakan
katalog dan indeks
-
menggunakan
bahan pustaka baru,bahan referensi seperti kamus,buku tahunan dan lain-lain.
b. keterampilan mengambil intisari dan
mengorganisasikan informasi, seperti:
-
memilih
informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah
-
mendokumentasikan
informasi dan sumbernya
c. keterampilan menganalisis, menginterpretasikan
dan mengevaluasi informasi, seperti:
-
memahami
bahan yang dibaca
-
membedakan
antara fakta dan opini
-
menginterpretasi
informasi baik yang saling mendukung maupun berlawanan.
d. keterampilan menggunakan informasi,
seperti :
-
memanfaatkan
intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah
-
menggunakan
informasi dan diskusi
-
menyajikan
informasi dalam bentuk tulisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar