Kelebihan dalam
pembelajaran metode konstruktivisme ini adalah anak didik dapat belajar untuk berfikir
dalam menyelesaikan suatu masalah. Mereka menyelesaikannya dengan analisis
sendiri serta memaksimalkan kemampuan dengan mengembangkan ide-ide mereka yang
pada akhirnya merekapun dapat mengambil keputusan sendiri. Pemahaman yang
diperoleh dari analisis ini akan memberikan nilai lebih dari pada pemahaman
yang didapat dari hanya sekedar transfer pangetahuan baru secara langsung.
Anak
didik akan benar-benar paham dengan pengetahuan baru tersebut karena
mereka mengetahui jalan bagaimana pengetahuan itu diperoleh. Hal ini juga
memungkinkan anak didik akan ingat lebih lama akan apa yang telah mereka
dapatkan karena mereka mengalaminya sendiri. Dalam pendekatan ini, mereka
membina sendiri pemikiran mereka dan hal ini menjadikan mereka yakin
dalam menyelesaikan suatu masalah dalam situasi yang berbeda sekalipun. Apabila
dalam memperoleh pengetahuan baru ini anak didik sering melakukan interaksi
dengan guru ataupun teman maka hal itu juga dapat membantu mereka untuk
mendapatkan kemahiran sosial. Kemahiran sosial bermanfaat bagi anak
didik pada kehidupan sehari-hari dalam menjalani proses interaksi sosial. Oleh
karena mereka terlibat secara langsung, paham, ingat dan yakin dalam suatu
pemahaman maka mereka akan merasa senang dalam belajar demi memperoleh
pengetahuan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar